Study Abroad, WHY NOT?

" Kenapa harus kuliah diluar negeri sih? Enakan juga di Indonesia deket sama keluarga dan di tanah air sendiri " 
Diatas merupakan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-orang disekitar aku. Kenapa mesti jauh-jauh gitu kalau di negeri sendiri aja bisa. Ettt tapi kalau di kasih kesempatan belajar diluar negeri kenapa harus nolak kan? 

Bukan karena pengen pamer gelar atau pengen dilihat tinggi oleh orang lain, bukan juga karena bisa sering jalan - jalan, bukan juga karena sekolah di luar negeri bisa menjamin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekolah di dalam negeri, bukan juga karena saya benci Indonesia. Alasan aku dari awal adalah karena aku pengen mendapatkan banyak pengalaman dan mempelajari hidup lebih banyak. 
Source : Google

Kuliah di luar negeri, kalian akan bertemu dengan orang banyak yang beda budaya, tradisi hingga bahasa sehari-hari kalian. Dengan sendirinya kalian akan belajar lebih mandiri dari sebelumnya. Kalian akan berpikir gimana caranya bisa bertahan hidup di negara orang, caranya berhemat dengan uang yang dikasih orang tua kalian, bahkan hingga bertanya kepada orang lain.

Source : Google

Bisa dibilang hal yang membedakan saya dengan orang - orang yang enggak pernah merasakan kuliah atau tinggal di luar negeri dan jauh dari rumah adalah pola pikir, pengalaman dan pembentukan kepribadian menjadi diri aku yang seperti sekarang.

Salah kalau kamu berpikiran bahwa sekolah dan tinggal di luar negeri itu selalu enak. Aku enggak tau kalau orang lain, tapi pada beberapa bulan pertama, aku sempat mengalami masa - masa down ketika disana hingga ngerasain homesick, kangen ibu yang biasanya sehari-hari ketemu tiba-tiba pisah L. Harus beradaptasi dengan cara hidup dan peraturan disana, bertemu dengan berbagai macam orang dari berbagai macam negara, bahasa, pola pikir, sifat dan kebiasaan, belum lagi tugas - tugas yang menumpuk, jauh dari orang - orang terdekat, dan masih banyak lagi hal lainnya. 

Source : Google

Tetapi ya disitulah tantangannya, dan disitu juga saya jadi banyak belajar hal baru. Kalau mau merasa enak terus yaaa tinggal aja di dalam comfort zone kamu. Enggak susah kan? hehe. Hal lainnya yang sering salah ditangkap oleh orang lain adalah dengan sekolah di luar negeri jadi lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang lebih baik daripada yang sekolah di dalam negeri. Salah banget kalau kamu berpikiran seperti itu. Karena toh itu semua bergantung pada banyak faktor yang enggak bisa diukur hanya dari sebuah gelar yang didapatkan dari luar negeri. Dibawah ini kutipan yang paling aku inget kalau aku lagi ngerasa ngedown atau frustasi.

Source : Google

"Kalau kita keras pada hidup maka hidup akan lemah padamu, tapi sebaliknya ketika kamu lemah terhadap hidup maka hidup akan keras pada dirimu".

Dengan merantau, kamu akan tahu bahwa masih ada dunia luar yang lebih mengasyikan atau -bahkan tantangan yang siap tuk diarungi. Yup, kata-kata diatas bener banget. Disini aku baru sadar kalau dunia luar lebih menyenangkan dan banyak tantangannya. Gimana enggak, disini kalau enggak tau jalan aja kalian harus bertanya ke orang sekitar dengan Bahasa inggris walaupun masih negara Malaysia tapi sebagian dari mereka tidak mengerti Bahasa Indonesia oleh karena itu cara amannya ya pake Bahasa inggris.

Source : https://www.liverpool.ac.uk

Dengan merantau, kamu akan merasakan bertapa kangennya kamu dengan negara kamu sendiri. Ini yang sering aku rasain. Kangen rasa makanan Indonesia, kangen hiruk pikuk Indonesia, kangen sama keluarga dan lain-lain.Aku ngerasain yang namanya kangen naik angkot. Di Indonesia bisa naik angkot sampai turun didepan gang rumah. Sedangkan disini kemana-kemana kita harus jalan terlebih dahulu ke stasiun dan kalau mau ke tempat wisata yang jaraknya lumayan jauh dari stasiun, harus jalan kaki ataupun naik taxi.

Source : http://www.hercampus.com/

Percayalah dengan kamu merantau ke negara orang, kalian akan punya motivasi ke diri kalian sendiri. Lebih inget orang tua yang udah berjuang keras agar anaknya bisa kuliah hingga mendapatkan kesempatan kuliah ke luar negeri. Dari semua moodboster-mu, kedua orang tuamu yang akan menangis bangga ketika melihat anak nya dalam perantauan sukses. Menjadikan penyemangat tersendiri bagimu untuk terus melangkah pasti dalam setiap tarikan nafas yang kamu lalui. Serta cita-citamu yang menggantung itu menunggu, untuk kamu gapai yang menjadi moodboster-mu ketika kamu lelah dan seakan menyerah pada suatu masalah. Tapi semua itu perlu mengingatkanmu ketika kamu mulai tak tau arah serta mulai menyerah.

Source : http://www.drcarlinstestprep.com/

Next aku bakal share tips merantau ke Negeri Jiran :D -->

CONVERSATION

2 komentar:

  1. kak aku juga pengen banget kuliah di luar negeri, tapi disekitarku jarang yang kuliah diluar. jd minim info. huhuhu

    deprut.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. disekitarku juga ga ada maalah yang kuliah diluar negeri. tapi tetep harus semangat nyari info kalo udah niat dari awal pengen kuliah diluar negeri sih hehe
      makasih sudah berkunjung devi <3

      Delete

Back
to top